twitter facebook picasa

We provide total IT solution and IT Distributor Indonesia

Strategi Amazon.com E commerce Terbesar untuk Internet of Things

Strategi Amazon.com E commerce Terbesar untuk Internet of Things

Amazon.com, inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) multinasional yang berpusat di Washington, Amerika Serikat. Amazon juga pengecer terbesar di dunia. Dalam Situs Berita teknologi Amazon baru saja mengumumkan telah mengakuisisi sebuah startup memiliki keunikan sendiri yaitu fokus pada pengembangan perangkat yang saling terkait 2lemetry. Langkah-langkah yang dilakukan Amazon adalah sebagai langkah untuk mengkohkan strateginya dalam pengembangan solusi berbasis Internet of Things (IoT). Terkait dengan total nilai akuisisi hingga berita ini diterbitkan belum dibeberkan oleh kedua belah pihak.

Strategi Amazon.com E commerce Terbesar untuk Internet of Things

Strategi Amazon.com untuk menarik pelanggan baru

awalnya Amazon.com adalah penyedia layanan toko buku online dimana pelanggannya terbatas pada orang-orang yang suka pada buku saja. Seiring perkembangan teknologi dan zaman dan permintaan dari pelanggannya Amazon.com saat ini menyediakan berbagai produk seperti barang-barang elektronik, perhiasan, pakaian, peralatan rumah tangga, DVD, aplikasi Android, download musik, dll. dengan adanya permintaan dari pelanggannya menjadikan Amazon.com memperluas peluang bisnis pasar yang awalnya hanya pembaca buku menjadi seluruh pengguna internet dan memerlukan produk yang disediakan oleh Amazon.com.

Strategi Amazon.com dalam mempertahankan pelanggan lama

Manfaat yang didapat dari sudut pandang pelanggan adalah pelanggan akan merasakan sensasi berbelanja online yang lebih personal karena memahami apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pelanggan tersebut.  bahkan teknologi yang digunakan situs Amazon.com adalah memungkinkan untuk memberikan rekomendasi barang bagi pelanggan yang sedang didiskon. dengan adanya diskon saja membuka peluang lebih besar bagi pelanggan untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh Amazon.com. Alhasil, Amazon.com sebagai penyedia layanan berbelanja online dan pelanggan sama-sama mendapatkan manfaat dari teknologi business intelligence.

Strategi Amazon.com Boyong 2lemetry

Pasca akuisisi, 2lemetry mengatakan bahwa layanan yang telah mereka jajakan sebelumnya tidak ada perubahan sama sekali dan akan tetap bisa dijalankan, termasuk terkait dengan dukungan teknis ataupun non teknis. halnya 2lemetry menyatakan bahwa produk & brand tetap akan dipertahankan pasca akuisisi ini.  dengan memanfaatkan kemampuan 2lemetry dalam kaitannya dengan ide dan strategi pengembangan platform Internet of Things (IoT). Tidak mencaplok layanan yang ada di dalamnya begitu saja.

Amazon sendiri dikenal khalayak umum sebagai salah satu penyedia layanan cloud yang cukup inovatif. Perusahaan  bisnis yang berawal dari bisnis jualan buku ini memang selalu piawai dalam melihat celah yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan potensi bisnis. Layanan enterprise atau corporate technology Amazon kini telah banyak digunakan dan terus berkembang bersaing dengan produk-produk teknologicloud lainnya. Bagi Amazon, IoT adalah adalah pasar yang sangat penting untuk diprioritaskan. Dan halnya Amazon sudah memiliki salah satu dasar dari platform Internet of Things (IoT), yaitu layanan cloud yaitu konektivitas yang kuat.

2lemetry sendiri mendeklarasikan diri akan mendukung IoT sejak tahun 2011 dengan menyediakan solusi berbasis middleware. Amazon dan beberapa perusahaan teknologi terkemuka lain, seperti Intel, DataStax, dan Salesforce Sprint sendiri sudah sejak lama menjadi rekanan penyedia teknologi untuk 2lemetry. Bisnis Startup yang juga menjadi member Eclipse IoT Ecosystem ini didirikan oleh Key Roche dan Chris Chiaphone yang membiliki latar belakang pada enterprise application integration dan pengembangan solusi cloud berskala besar.